KABARLUTIM.COM,MALILI– Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur mulai melaksanakan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan di sejumlah Desa di Luwu Timur.

Langkah itu dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan penyakit hewan penular rabies, seperti anjing, kucing, dan kera, yang dapat ditularkan kepada manusia.

Itu disampaikan Pejabat Fungsional Medik Veteriner Pada Dinas Pertanian Luwu Timur, Sukma RS, S.Pt Saat dikonfirmasi Wartawan Kamis 9 Juni 2022

Dikatakan Sukma, Vaksinasi Rabies ini sudah mulai berlangsung sejak 2 Juni kemarin yang di laksanakan di 11 kecamatan dengan sasaran 22 Desa.

“Petugas sudah mulai menyuntik vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan warga di 22 Desa , wilayah ini merupakan Hewan Pembawaan Rabies ( HPR) nya sangat tinggi,”tandas Sukma

Menurut Sukma, Data sekarang jumlah Hewan Pembawa Rabies (HPR) yang sementara di vaksin yakni
660 ekor Anjing dan 180 ekor Kucing

“Data ini baru sebagian Desa yang masuk dan akan berlanjut sampai tanggal 6 Juni 2022,”kata Sukma

Ditambahkan Sukma, Dinas Pertanian tahun ini menyediakan 2.500 vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaan masyarakat.

“Dinas Pertanian juga menyiapkan 1.100 diantaranya merupakan dosis vaksin yang disiapkan di luar program kita, ”

“bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin rabies gratis untuk hewan peliharaanya dan kesayangannya bisa mendatangi kantor Dinas Pertanian Luwu Timur,”tutupnya.

Sekedar informasi , Adapun 22 desa yang jadi sasaran petugas penyuntik vaksin dan masuk HPR sangat tinggi , yakni Desa magani dan sorowako (Nuha) , Desa langkea raya dan Wawondula (Towuti).

Kemudian, Desa ledu-ledu dan wasuponda (Wasuponda), Desa benteng dan lambarese (Burau) Desa Maleku dan Pancakarsa (Mangkutana).

Selanjutnya, Desa Pepuro Barat dan Rinjani (Wotu), Desa Kalena kiri (Kalena) , Desa Lakawali (Malili) , Desa Mantadulu, Balirejo dan Taripa (Angkona) ,Desa Alam Buana , Patengko , Kertoreharjo (Tomoni-Timur), Desa Bayonda , Tadulako (Tomoni).(***)

Artikulli paraprakDPRD Luwu Timur Kembali Agendakan RDP Soal Kontribusi PT.PDS ke Pemda
Artikulli tjetërPanli Umumkan Empat Nama Bacalon Wabup Luwu Timur, ini Tahapan Selanjutnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini