Panli DPRD Resmi Tetapkan 7 April  Pendaftaran Wabup Luwu Timur , Begini Tahapanya

Rabu, 6 April 2022 | 06:56 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

KABARLUTIM.COM,MALILI – Rapat Panitia Pemilihan (Panli) Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur oleh DPRD  menghasilkan persyaratan serta tahapan yang secara resmi diumumkan pada 7 April.

Sekretaris Panli , Aswan Azis mengatakan pengumuman pendaftaran akan berlangsung selama 3 pekan, yang akan disosialisasikan kepada masyarakat di 11 kecamatan di Lutim.

Sementara waktu pendaftaran dan penerimaan berkas akan berlangsung sampai 20 Mei.

“Diumumkan nanti tanggal 7 di semua  kecamatan, ke media. Pengumuman pendaftaran itu tiga minggu. Kemudian pemasukan berkas selama 14 hari kerja,” ujar Aswan saat ditemui  Wartawan di ruangannya, Selasa 5 April 2022

Adapun persyaratan bakal calon wakil Bupati Luwu Timur yang paling penting yaitu harus mengantongi rekomendasi dari DPP Partai Pendukung.

Satu bakal calon bisa mendapat rekomendasi dari satu partai atau lebih, sementara satu partai hanya boleh memberikan satu orang rekomendasi.

Sehingga dari 8 partai pengusung, nantinya akan tersisa 2 calon yang akan diputuskan oleh DPRD Lutim.

“Persayaratannya itu harus ada rekomendasi dari partai. Untuk bakal calon ini minimal satu partai, bisa juga 3 partai rekomendasikan satu bakal calon,” terang Sekretaris DPRD Lutim itu.

Ada dua tahapan pemilihan yang telah diatur oleh panlih, yakni seleksi administrasi dan seleksi kapabilitas calon.

Panlih melakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas administrasi sesuai  dengan ketentuan yang disyaratkan.

Kemudian  menetapkan dan mengumumkan bakal calon ,termasuk  calon- calon terpilih sesuai ketentuan.

“Ada tahapannya, pengumuman dulu baru pendaftaran, setelah itu yang lolos berkas diserahkanlah itu nama ke partai pengusung, partai pengusung nanti yang akan menyisakan dua nama, dua nama ini nanti yang masuk ke DPRD kemudian DPRD  lakukan pemilihan,” lanjut Aswan.

Ia menambahkan, Hal tersebut merujuk  dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

yang dimana  menyatakan bahwa salah satu tugas dan wewenang DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota adalah memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah dalam hal terjadi kekosongan untuk sisa masa jabatan lebih dari 18 (delapan belas) bulan.

Selanjutnya, setelah semua proses seleksi mendapatkan hasil akhir, Aswan mengatakan pada  September tahun ini Bupati Lutim sudah akan memiliki pendamping sebagai wakil Bupati Lutim periode 2021-2024.

Namun, jika hingga akhir september belum juga didapatkan nama calon wakil Bupati Lutim, maka Bupati akan bekerja sendiri tanpa pendamping hingga pilkada berikutnya.

“Kalau itu berjalan normal, tidak ada halangan itu september 2022 pelantikan Wabup,  kalau lewat dari September, ya sesuai jadwal pemilhan berikutnya, kalau 18 bulan dari pemilihan sudah tidak bisa,” terangnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pemenang Pilkada pada 2020 lalu, yakni pasangan Husler-Budiman yang diusung oleh 8 partai. Diantaranya, Golkar 7 kursi, Gerindra 4 kursi, Pan 4 kursi, PDIP 3 kursi, Hanura 3 kursi, PKS, PKB, PBB masing – masing 1 kursi.

Adapun bakal calon yang sudah mendapatkan rekomendasi dari partainya di DPP untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Lutim yaitu, Ruly Heryawan dari Partai Hanura dan Usman Sadik dari PAN, yang keduanya menjabat sebagai Anggota DPRD Luwu Timur saat ini.

Kemudian, ada dua nama yang diusulkan dari DPC Partai Gerindra Luwu Timur adalah Sarkawi anggota DPRD Luwu Timur dan Idul Adha (Deddy Muller) yang merupakan Bendahara DPC Gerindra Luwu Timur.

Sementara dari partai Beringin, ada 3 nama yang saat ini masih tertahan di DPP partai Golkar, sesuai informasi  ke 3 nama itu ,yakni Hj.Puspawati Husler, Muh Taqwa Muller dan Andi Rio Patiwiri.

nama ini  akan memperebutkan rekomendasi partai sebagai wakil Bupati Luwu Timur (***)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT