Jelang Idul Adha, Petugas Dinas Pertanian Luwu Timur Periksa Kesehatan Hewan Qurban

Kamis, 15 Juli 2021 | 16:07 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

KABARLUTIM.COM,MALILI--Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur intes melakukan Pemeriksaan kesehatan Hewan Qurban jelang perayaan Idul Adha 1442 H.

Hal itu Disampaikan Kasi Kesmavet Pengelolaan dan Pemasaran Dinas Pertanian dan Peternakan Luwu Timur ,Sukma Kamis 15 Juli 2021

Dikatakan Sukma, Pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan di semua wilayah Luwu Timur untuk memberikan jaminan kepada masyarakat yang akan membeli dan menyembelih hewan kurban jelang Idul Adha.

“meski pandemi , Kami tetap ada pemeriksaan kesehatan hewan , baik itu antemortem atau sebelum disembelih maupun postmortem atau setelah disembelih,”katanya

Sukma mengatakan, ada 13 petugas pemeriksa hewan qurban termasuk dirinya yang diturunkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di 11 kecamatan di Luwu Timur.

“Ada tim dibentuk , masing -masing punya wilayah Untuk pemeriksaan antemortem, tapi kita khususkan di tempat penjualan atau penampungan hewan kurban,”katanya

Dikatakan nya, pemeriksaan fisik hewan melalui sistem Antemorthem dan Postmorthem itu guna memastikan masyarakat mengkonsumsi daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

Ia menambahkan, untuk data sementara saat ini tercatat ketersediaan Hewan kurban di Luwu Timur sebanyak 95 ekor, rinciannya 53 ekor sapi dan 42 ekor ternak kambing.

“Data ini diambil di 3 titik tempat penjualan hewan qurban dan 21 titik tempat pemotongan hewan qurban,”katanya

Sukma juga mengingatkan ,terkait kegiatan kurban, mulai dari penjualan dan pelaksanaan penyembelihan, warga juga diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Itu sesuai Surat Edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non-Alam COVID-19.(krm)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT