BKPSDM Lutim Ikuti Rakornas BKN “Transformasi ASN Menuju Birokrasi yang Dinamis” Secara Virtual

Jumat, 2 Juli 2021 | 07:58 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

KABARLUTIM .COM,MALILI-Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2021 bertema “Transformasi ASN Menuju Birokrasi yang Dinamis”, sekaligus peresmian Sistem Informasi Kepegawaian Nasional (Simpegnas) oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Cahyo Kumolo.

Kegiatan tersebut turut diikuti secara virtual oleh Sekretaris (BKPSDM) Lutim beserta staf, Basruddin, Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan (Disdik) Lutim beserta staf, Darmawan, Kasubag Kepegawaian dan Analisis Kepegawaian, di Ruang Media Center Diskominfo, Kamis (01/07/2021).

Rakornas juga dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Aggota Dewan Pertimbangan RI, Kepala BKN RI, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia.

Kepala BKN, Bima Harian Wibisma mengatakan, dalam menyikapi perubahan lingkungan strategis yang sangat cepat, kita memerlukan tata Kelola Pemerintahan yang dinamis yaitu tata Kelola yang responsive, efektif dan efisien, dalam memberikan pelayanan kepada publik.

“Dalam konteks birokrasi yang bertugas melayani publik, ini berarti bahwa kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang, perlu selalu diantisipasi dan di respond secara efektif, agar kebutuhan dari pemenuhan masyarakat menjadi lebih baik,” kata Bima Harian.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, dalam rangka mendukung terwujudnya target satu data ASN sesuai Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 39 Tahun 2019 dan Pepres Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem infromasi Pemerintahan berbasis elektronik, BKN meresmikan Sistem Informasi Kepegawaian Nasional (Simpegnas) serta dimulainya pemutakhiran data mandiri bagi para PNS maupun P3K secara mandiri lewat aplikasi mySAPK berbasis mobile dan website, mulai Juli hingga Oktober 2021.

“Sebagai upaya menerapkan kebijakan-kebijakan terkait dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur, diperlukan adanya dukungan teknologi informasi agar menjadi lebih efektif, efisien dan akuntabel,” imbuhnya.

Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin juga menyampaikan apresiasinya terhadap terselengaranya Rakornas Kepegawaian Tahun 2021 tersebut. “Semoga Rakornas ini menjadi momentum untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi dalam mewujudkan pembinaan dalam rangka tranformasi manajemen ASN yang makin berkualitas,” pungkasnya. (***)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT