KABARLUTIM.COM,MALILI– Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Luwu Timur sudah membentuk Tim untuk memeriksa kesehatan hewan kurban di sejumlah lapak Pedagang.

Iapun menjamin , semua hewan yang akan di Kurbankan sudah aman dan Sehat, begitupun juga lalulintas Hewan yang masuk wilayahnya aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Kita jamin semua aman dan sehat, begitupun hewan ternak dari luar yang hendak masuk ke Luwu Timur itu harus lolos pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu,”kata Kata Pejabat Fungsional Medik Veteriner Pada Dinas Pertanian Luwu Timur, Sukma RS Saat dikonfirmasi Kamis 7 Juli 2022.

Dikatakan Sukma, Menjelang H-3 Lebaran Idul Adha 1443 Hijriyah ini, pemeriksan kesehatan hewan kurban masih berlanjut sampai hari H Idul Adha.

Adapun tim dibentuk itu terdiri dari 25 Petugas Teknis Peternakan dan 5 Dokter hewan , tugas kita ini yang akan melakukan pengecekan hewan kurban di sejumlah lapak pedagang dan tempat pemotongan hewan.

“Alhamdulillah sampai saat ini belum ada PMK yang ditemukan, Mudah-mudahan tetap aman hingga Idul Adha,” tandasnya

Ia menambahkan, selain pengecekan di lapak hewan kurban, tim juga bertugas untuk mengawasi proses pemotongan yang dilakukan pada saat lebaran hingga H+3 lebaran.

“Untuk tempat penyembelihan juga kita awasi,untuk menjamin Daging dan organ-organ dalamnya seperti hatinya. Kalau ada temuan yang cacat maka akan langsung disingkirkan,” ungkapnya.(*)

 

Artikulli paraprakDAK Luwu Timur Nihil, BKAD : Masih Tunggu Hasil Review Inspektorat
Artikulli tjetërSambut Idul Adha, Bupati Luwu Timur Budiman Kurban 11 Ekor Sapi Pakai Dana Pribadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini