Pengadaan Buku di Sekolah Dikeluhkan , Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur Akal Panggil Pihak Terkait Buku Lontara Pusaka

Selasa, 22 Februari 2022 | 15:51 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

KABARLUTIM.COM,MALILI-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Timur akan memanggil pihak-pihak terkait soal pengadaan buku mata pelajaran terbitan Lontara Pusaka yang menuai sorotan karena kualitas yang dinilai buruk.

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Luwu Timur, Harisa Suharjo, jika pihaknya telah mendapatkan informasi adanya sorotan dan keluhan perihal kualitas buku terbitan Lontara Pusaka yang kurang baik.

Saya sempat lakukan komunikasi kepada beberapa guru. Memang saat saya tanya soal buku itu, mereka membenarkan bahwa buku itu memiliki kualitas yang buruk,” Kata Harisa Suharjo, Selasa (22/2/2022).

Terkait dengan benar atau tidaknya kualitas buku yang dinilai buruk itu, pihaknya belum bisa memastikan sebab dirinya hanya mendengarkan informasi dari guru saja.

Jadi saya mau mendengar dari kedua pihak, nanti kita lihat waktu untuk memanggil beberapa pihak soal pengadaan buku tersebut. Insya Allah, kita akan melakukan panggilan pada bulan Maret mendatang,” Beber Ketua Komisi I ini.

Sebelumnya, dari informasi yang didapatkan tim penyusun dari buku yang diterbitkan oleh Lontara Pusaka dari guru yang di SK-an oleh Dinas Pendidikan Luwu Timur.

Ada sekitar 30.360 murid SD, itu tersebar di 154 SD negeri dan 11 swasta. Kemudian sekitar 11.020 siswa SMP yang tersebar di 45 SMP. Untuk SD, ada enam item buku terbitan Lontara Pusaka. Sedangkan SMP ada 10 item buku dengan mata pelajaran yang berbeda-beda.

Diketahui, pengadaan buku mata pelajaran untuk siswa SD dan SMP itu menghabiskan anggaran besar mencapai Rp8 miliar bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Diketahui, persoalan ini tengah ditangani pihak kepolisian polres Luwu Timur. (***)

 

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT