Mahasiswa Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kantor Bupati Luwu Timur, Tuntut Program Beasiswa

Selasa, 23 November 2021 | 19:13 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

MALILI – Aliansi yang tergabung dari Mahasiswa HAM Lutim, dan organisasi Lingkar Kemanusiaan, melakukan aksi demonstrasi di Kantor Bupati Luwu Timur, Selasa (23/11/21).

Pada aksi tersebut, para demonstrasi menuntut keadilan pada program Beasiswa Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, yang dinilai tidak merata.

Adapun tuntutan Aksi itu Terkait dikurangi kuota penerimaan beasiswa dari sebelumnya mencapai 7000 orang menjadi 3000 orang.

Selain itu, persyaratan untuk mendapatkan beasiswa juga dinilai nya semakin ribet, termasuk administrasi harus ada persyaratan dari Dinsos

Kordinator Lapangan (Korlap Akis Demo), Sukrianto mengatakan dengan adanya tambahan persyaratan keterlibatan Dinsos itu dinilai mempersulit Penerimaan Beasiswa.

“Hal ini sama halnya memberatkan penerima beasiswa, dengan diikut sertakan persyaratan harus terdaftar di Dinsos terlebih dahulu,” kata dia.

Sehingga, kata Sukrianto, kami berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lutim untuk menindak lanjuti tuntutan kami, sehingga pengadaan beasiswa bisa merata.

“Beasiswa ini adalah hak kami sebagaimana tertuang dalam visi misi bupati, olehnya itu kami meminta agar program ini dapat mengcover seluruh mahasiswa Luwu Timur,” tandasnya

Sementara itu, Asisten III Pemerintah Kabupaten Lutim, Askar yang menerima para demonstrasi meminta untuk menuggu hingga hari Kamis (25/11/21).

“Saat ini Bupati lagi ada agenda diluar daerah, namun kami sudah kordinasi dengan bapak Bupati dan meminta agenda pertemuan dilakukan pada hari Kamis mendatang,” kata Askar kepada para pendemo.

Mendapatkan respon perwakilan pemerintah daerah, terlihat para demonstran mulai kembali menarik diri untuk menunggu waktu kesepakatan tersebut.

Untuk diketahui, Persyaratan penerimaan Beasiswa di Kabupaten Luwu Timur merujuk pada Peraturan Bupati Luwu Timur, nomor 45 tahun 2021 pemberian Beasiswa daerah Kabupaten Lutim.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kembali akan menyalurkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu tahun 2021 di Kabupaten Luwu Timur.

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Luwu Timur, Amiruddin menjelaskan, jadwal pendaftaran beasiswa ini rencananya akan dibuka bulan ini.

“Sementara penyaluran beasiswa bagi mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi paling lambat bulan Desember 2021 mendatang,” ungkap Amiruddin saat dikonfirmasi, Selasa (16/11).

Tapi sebelum pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu ini dibuka, kata Amiruddin, pihaknya akan melakukan pembuatan peraturan bupati terlebih dahulu.

“Perbup barunya dulu dibuat kemudian ditetapkan. Lalu, kita buka pendaftarannya di bulan November. Kita perkirakan waktu penyalurannya di bulan Desember. Tergantung mahasiswanya, jika administrasinya cepat rampung, maka cepat juga penyalurannya,” kata Amiruddin.

Sedangkan persyaratan penerimaan beasiswa nantinya, masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja tahun ini proses seleksinya akan diperketat.

“Kuota penerima tahun ini bertambah, sementara syaratnya masih sama dengan tahun lalu, hanya saja seleksinya diperketat lagi,” tutup Amiruddin.(***)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT