Wow, OPD Luncurkan Aplikasi Inovatif di Grand Launching Luwu Timur Inspiring

Kamis, 11 November 2021 | 11:23 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM, MALILI – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga meluncurkan program inovasi pada Grand Launching Luwu Timur Inspiring, Rabu (10/11/2021) malam.

    City Branding Luwu Timur Inspiring ini dilaunching Bupati Luwu Timur, Budiman dan berlangsung meriah di Gedung Olahraga (GOR), Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Luwu Timur.

    Grand launching turut dihadiri COO PT Vale Indonesia, Vinicius Mendes Ferreira, forum komunikasi pimpinan daerah dan tamu penting lainnya.

    Bupati Luwu Timur, Budiman mengatakan Luwu Timur Inspiring adalah kemasan dalam rangka bagaimana seluruh program bisa mengedukasi, informasi dan menjadi inspirasi bagi kita semua dan orang lain.

    “Saya akan menagih terus seluruh inovasi dari seluruh OPD, tidak ada OPD yang tidak memiliki inovasi satu saja. Setiap OPD harus punya inovasi,” kata Budiman.

    Ide dan gagasan Luwu Timur Inspiring juga direspon OPD Pemkab Luwu Timur dengan menciptakan inovasi untuk memudahkan pelayanan ke masyarakat.

    Budiman mengatakan City Branding ini adalah gagasan besar, semua daerah besar selalu melaunching city branding. Ini untuk menarik perhatian baik investor, pariwisata untuk datang ke Luwu Timur.

    “Sehingga ada hal yang unik untuk mendorong orang datang ke Luwu Timur kedepan, tidak banyak daerah seperti Luwu Timur,” katanya.

    Menurut Budiman Allah sudah memberikan Luwu Timur potensi 65 persen dan 35 persen SDM kita gunakan untuk membangun Luwu Timur.

    Lantas, apa saja inovasi yang diciptakan OPD pemkab yang turut diluncurkan pada Grand Launching Luwu Timur Inspiring? Berikut daftarnya:

    Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudmudora) melucurkan aplikasi KULINER LUWU TIMUR.

    Aplikasi ini dibuat untuk menginformasikan tempat dan memperkenalkan kuliner lokal yang ada di Luwu Timur.

    Dinas Transmigrasi Tenaga Kerja Dan Perindustrian (Transnakerin) dengan aplikasi SIAP KERJA.

    Aplikasi SIAP KERJA bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mencari informasi lowongan pekerjaan dan memudahkan perusahaan dalam pengurusan berkas berbasis online. 

    Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) dengan Pojok Baca Digital (POCADI).

    Inovasi ini merupakan program perpustakaan Nasional RI yang bertujuan meningkatkan pembangunan literasi masyarakat, dengan memberikan layanan perpustakaan di fasilitas umum/keramaian agar lebih dekat kepada masyarakat khususnya di daerah kabupaten/kota.

    Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu Timur lewat inovasi E-Inspirated.

    E-Inspirated adalah aplikasi yang digagas DPMD Luwu Timur untuk memudahkan masyarrakat dalam mengurus administrasi sesuai dengan kebutuhannya di kantor desa.

    Tanpa harus meninggalkan aktifitasnya sehari-hari sesuai dengan profesi masing-masing masyarakat.

    Dinas Perdagagan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop-UKM) Luwu Timur dengan aplikasi BALUTTA.

    Aplikasi ini menghubungkan antara user (pelaku usaha UMKM) dan government (pemerintahan) yang menampung pendataan UMKM, penyampaian informasi.

    Hingga rekam medic kebutuhan umkm, hingga pemasaran produk yang bermanfaat bagi perkembangan UMKM, IKM dan pihak pemerintah dalam pengambilan regulasi yang tepat guna.

    Satpol PP dan Damkar Luwu Timur lewat inovasi Aplikasi REPEATER 247.

    Aplikasi REPEATER 247 merupakan singkatan dari Respon Cepat Penyelamatan dan Perlindungan Masyarakat.

    Aplikasi dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di Luwu Timur dalam hal penanganan gangguan ketenteraman dan ketertiban umum.

    Kemudian pelanggaran Perda, kebakaran, bencana alam, medis, kecelakaan lalulintas, dan kondisi darurat membahayakan nyawa manusia.

    Dinas Pendidikan Luwu Timur lewat Aplikasi SMART-3D.

    Dengan hadirnya presensi digital SMART-3D, ini memudahkan dalam pengadministrasian pengelolaan data presensi bagi warga sekolah disatuan pendidikan.

    Dengan adanya presensi digital SMART-3D ini, wali kelas dan orang tua peserta didik dapat memonitoring anaknya kapan dan dimana saja terkait kedisiplinan pada jam kedatangan dan penjemputan pulang.

    Dinas Badan Kepegawaian Pendidikan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Luwu Timur dengan inovasi SIMPEG.

    Dengan SIMPEG, seluruh PNS di Luwu Timur dimudahkan dalam pengurusan berkas tanpa keluar kota. Cukup dengan mengakses SIMPEG, maka berkas dapat terproses sampai ke pusat.

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Luwu Timur dengan aplikasi E-KLIPING.

    E-KLIPING ini dibuat untuk memudahkan pendokumentasian secara elektronik sekaligus memudahakan akses bagi masyarakat terhadap seluruh kegiatan pemerintah daerah.

    Baik yang dimuat di media massa yang menjadi partnership Pemkab Luwu Timur dalam penyebarluasan informasi

    Selain itu, ada juga inovasi Sekretariat Pemkab Luwu Timur yaitu Gerakan Luwu Timur Berbagi.

    Gerakan ini ditujukan untuk mengajak seluruh masyarakat melakukan aksi sosial/berbagi agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sekitar kita.

    Serta Padu Padan RTH (Pertisipasi Dunia Usaha dalam Pembangunan dan Penataan Ruang Terbuka Hijau).

    Tujuannya untuk menata RTH di Luwu Timur tanpa menggunakan APBD, yaitu dengan melibatkan pelaku usaha. Contohnya sudah ada yaitu PT Vale Indonesia dan pihak swasta lain yang telah membangun RTH.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT