BKPRMI Lutim dan LPPTKA Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Guru Mengaji

Minggu, 10 Oktober 2021 | 06:20 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

KABARLUTIM.COM,MALILI-Guna memudahkan Guru Mengaji dalam mengajarkan Al-Qur’an kepada para santrinya perihal Kurikilum 2020, DPD Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Luwu Timur bekerjasama dengan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an (LPPTKA BKPRMI) Lutim menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tahun 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Sorowako, Kecamatan Nuha, Minggu (10/10/2021) tersebut dibuka oleh Sekertaris Camat Nuha, H. Indra Wijaya, S.H. dengan menghadirkan narasumber dari DPW BPKRMI Provinsi Sulawesi Selatan.

Sekertaris Camat Nuha, H. Indra Wijaya, S.H. dalam sambutannya saat mewakili Camat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa, kegiatan ini sesuai dengan visi misi Bupati Luwu Timur yaitu Maju dan Berkelanjutan Berlandaskan Agama dan Budaya. Pasalnya, dimana pembangunan yang utama selain pembangunan fisik juga pembangunan di SDM dan mental spritual di bidang religi “Karena kita semua adalah insan yang beragama dan semua sendi-sendi kehidupan kita berpedoman pada agama dalam hal ini melalui apa yg diperintahkan Allah melalui Al Qur’an,” tambahnya.

“Kami mengharapkan kegiatan ini nantinya para ustadz/ustadzah atau guru mengaji bisa menerapkan kurikulum baru 2020 yang dikeluarkan oleh BKPRMI yang nantinya bisa menjadi metode/cara yg mudah untuk mengajarkan Al-Quran kepada santri TPA masing-masing,” tutur H. Indra.

Selain itu, kata dia, Pemerintah Kecamatan juga mengharapkan peran-peran TPA dalam menumbuhkan karakter sejak dini dengan tujuan agar anak kita mampu memahami dan mengamalkan Al-Quran serta memiliki akhlakul karimah termasuk membantu santri mengagumi dan mncintai Al-Qur’an sebagai bacaan yang istimewa (religius), membimbing santri membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar (gemar membaca), mengajarkan sholat 5 waktu dengan tata cara yang benar (disiplin), membina santri menguasai hafalan sejumlah surat pendek atau ayat pilihan dan do’a sehari-hari (mandiri), mengarahkan santri untuk berakhlak sosial yang baik sesuai dengan tuntunan Islam (peduli sosial), dan membantu santri menulis huruf arab dengan baik dan benar (kreatif).

Selain itu, pihaknya berharap, melalui LPPTKA BKPRMI bisa merangkul TPA TPA yang ada di Kabupaten Luwu Timur khusunya di Kecamatan Nuha termasuk di Desa Nuha dan Desa Matano baik yang di masjid-masjid/musollah atau rumah-rumah.

“Semoga kegiatan sosialisasi dan pelatihan kurikulum 2020 BKPRMI ini mendapat berkah dan bernilai ibadah di sisi Allah SWT dan semoga anak-anak kita menjadi ustadz/ustadzah, alim alimah, dai daiyah dan hafidz Hafidzah,, aamiin. Mari menyiapkan generasi Qurani demi nenyongsong masa depan gemilang,” tandas H. Indra Wijaya.

Adapun peserta sosialisasi ini berjumlah sekitar 200 orang yang semuanya merupakan para guru mengaji TPA yang ada di Kecamatan Nuha, Towuti dan Wasuponda. (***)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT