Ketua Forum KKS Luwu Timur Optimis Raih STBM Awards

Sabtu, 11 September 2021 | 08:56 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

KABARLUTIM.COM,MALILI-Kabupaten Luwu Timur mengikuti penganugerahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Awards 2021 Provinsi Sulawesi Selatan. Hal itu ditandai penyerahan berkas dokumen STBM Awards oleh Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Luwu Timur, Hj. Sufriaty kepada Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja & Olahraga Prov. Sulawesi Selatan, H. Kasri, SKM., M.Kes. selaku Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyerahan dokumen STBM Awards itu juga disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur, dr. Hj. Rosmini Pandin., MARS. di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Jumat, (10/09/2021).

Turut hadir pada penyerahan berkas dokumen tersebut, Ketua Tim Verifikasi Lomba KKS Sulawesi Selatan, H. Muslim Rasyid bersama Tim STBM Awards Kab. Luwu Timur.

Penerima berkas dokumen STBM Luwu Timur, H. Kasri mengatakan bahwasanya berkas dokumen STBM Luwu Timur yang sudah diterima, nantinya akan ditindaklanjuti bersama Tim Penilai dari Pusat guna menyesuaikan fakta dan data dilapangan secara riil.

Kemudian Tim STBM Provinsi akan memfasilitasi kabupaten dalam membuat presentasi terhadap pencapaian STBM Kab. Luwu Timur sesuai laporan yang diterima dan nantinya akan diteruskan kepada Tim STBM Awards Pusat untuk penilaian akhir.

“Jika melihat pada agenda STBM Awards tahun sebelumnya, hasil penilaian STBM Awards akan diumumkan pada saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) STBM menjelang akhir tahun,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Luwu Timur, dr. Hj. Rosmini Pandin mengatakan, keikutsertaan Luwu Timur dalam STBM Awards ini bukan hanya untuk mengejar predikat Juara saja, tetapi sebagai langkah kedepan dalam mengkampanyekan gerakan hidup sehat terutama dalam hal kesehatan berbasis lingkungan.

“Selanjutnya, untuk agenda kedepan, kami akan memfokuskan diri dalam memperkuat 5 Pilar STBM yakni : 1) Stop Buang Air Besar Sembarangan; 2) Cuci Tangan pakai Sabun; 3) Pengelolaan Air Minum dan Makanan; 4) Pengelolaan Sampah; 5) Pengelolaan Limbah Cair di kabupaten Luwu Timur,” tambahnya.

Ketua Forum KKS Luwu Timur, Hj. Sufriaty lebih lanjut mengatakan bahwa, setelah pencapaian Berkas Dokumen STBM Luwu Timur diserahkan, maka untuk target kedepan adalah bagaimana 5 Pilar STBM bisa tercapai terutama dalam hal inovasi dan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaannya secara nyata.

“Semoga ini bisa menjadi motivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi dalam mengubah masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat serta sadar akan pentingnya lingkungan yang ada disekitar kita,” harapnya.

Anugerah STBM Awards merupakan agenda tahunan kolaborasi Kementerian Kesehatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Bappenas dan Lembaga Mitra Pembangunan Sanitasi Nasional dan Internasional.

Anugerah ini sebagai apresiasi kepada Kabupaten Kota, Sanitarian, Lurah dan Natural Leader yang dinilai telah berhasil merubah perilaku masyarakat menjadi lebih higienis dan saniter melalui STBM. (***)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT