Buka Pelatihan ATS, Bupati Luwu Timur: ini Ruang Bagi Generasi Muda

Kamis, 22 Juli 2021 | 07:50 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

KABARLUTIM.COM,NUHA–Bupati Luwu Timur, Budiman secara resmi membuka akademi pelatihan teknik Soroako (ATS) yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Nuha , Luwu Timur , Kamis 22 Juni 2021.

Bupati Budiman mengatakan dengan berlanjutnya kegiatan pelatihan akademi Teknik ini bisa memberikan ruang bagi generasi muda kita kedepannya untuk mencari kerja.

“Karena berdasarkan laporan kemarin bahwa sudah 90% yang bekerja. Dan kami pemerintah Daerah bersama PT. Vale, mendukung untuk memberikan ruang kepada kita-kita mengikuti pelatihan akademi teknik Sorowako (ATS),” ujar Budiman.

Menurut Budiman, tidak semua orang berpeluang untuk mendapatkan kesempatan ini. dimana generasi muda Luwu timur berjumlah 125.000 orang dan yang diterima dalam pelatihan ini hanya 30 orang. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan generasi kita mulai dari sekarang.

“Melalui kerjasama dengan lembaga sertifikasi profesi (LSP) yang diakui oleh negara dan itu tidak diragukan lagi untuk digunakan mencari kerja,” kata Budiman.

Dalam kesempatan itu juga Direktur ATS Harjum mengatakan, bahwa pelaksanaan pelatihan ini akan di mulai pada tanggal 26 Juli 2021.

“Pelatihannya akan dilaksanakan selama 3 bulan , kali ini akan diikuti oleh 30 peserta dari 11 kecamatan di kabupaten Luwu Timur,” ucapnya.

Menurutnya peserta dengan masing-masing jurusan yaitu 3 orang jurusan fabrikasi dan pengelasan logam, 13 orang jurusan perawatan, 8 orang jurusan pengoperasian komputer dan 9 orang jurusan desain gambar.

“Jadi pembelajarannya akan dilakukan dengan tiga tahap yaitu 3 minggu pertama akan diberikan pembekalan teori dasar, 8 Minggu selanjutnya adalah kerja praktik dan 1 minggu terakhir adalah uji kompetensi,”katanya

“sebagai persyaratan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi setelah mengikuti pelatihan ini, setiap peserta akan mendapatkan 2 sertifikat yaitu sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi dengan logo Garuda yang dikeluarkan oleh BNSP melalui LSP,” tuturnya.(***)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT