Sirekap KPU Luwu Timur Rampung 100 Persen, Husler – Budiman Unggul Sementara 52,6 Persen

Senin, 14 Desember 2020 | 21:53 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik

KABARLUTIM.COM,MALILI- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Husler- Budiman unggul sementara melawan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ibas-Rio di Pilkada Luwu Timur pada Rabu 9 Desember 2020

Paslon nomor urut 1 tersebut unggul setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan perhitungan menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) untuk menghitung hasil perolehan suara pada Pilkada Serentak 2020.

Berdasarkan data dari laman Sirekap KPU di tautan pilkada2020.kpu.go.id., proses rekapitulasi suara di Pilkada Lutim 2020 telah mencapai Rampung 100 persen atau 538 TPS dari total 538 TPS di 11 Kecamatan terdiri dari 124 desa dan tiga kelurahan.

Adapun hasil sementara dari 538 TPS tersebut, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lutim nomor urut 1Husler – Budiman unggul dengan perolehan 52.8 persen atau 86.175 Suara , sementara Ibas-Rio meraih 47.2 persen atau 76.937 suara.

Data yang ditampilkan ini merupakan hasil foto formulir model C.Hasil-KWK yang dikirim petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melalui Sirekap

Menanggapi itu, Komisioner KPU Luwu Timur , Adam Safar mengatakan Data yang ditampilkan bukan merupakan hasil resmi karena nantinya hasil rekapitulasi suara akan dilakukan berjenjang dalam rapat pleno terbuka.

“Masih akan dilakukan rekap secara berjenjang, Sirekap bukan sebagai hasil acuan untuk ke publik, nanti kita lakukan peleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang di mulai tanggal 13 samapai 17 Desember, setelah itu pengumuman hasil rekap tanggal 23 Desember,”jelas Adam

Sekedar diketahui, Pilkada Lutim 2020 ini diikuti dua pasangan calon yakni Husler – Budiman yang diusung delapan partai yakni,Golkar, Gerindra, PAN, PKS, PDIP, PKB, Hanura dan PBB. Sedangkan Ibas – Rio diusung NasDem dan Demokrat.

Adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur tahun 2020 sebanyak 201.786 orang.

Berdasarkan data Sirekap tersebut data pemilih yang masuk dalam sistem informasi yang mengacu kepada hasil peroleh suara di tempat pemungutan suara (TPS) itu, keunggulan pasangan Husler – Budiman tersebar di 9 dari 11kecamatan di Luwu Timur.

Kecamatan tersebut masing-masing, Mangkutana, Nuha, Towuti, Angkona, Wotu, Burau, Tomoni, Tomoni Timur dan Kecamatan Kalaena.Malili.

Sedangkan pasangan calon bupati Ibas – Rio unggul di 2 Kecamatan yakni Malili dan Wasuponda dengan perbedaan tipis.(***)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
ARTIKEL TERKAIT