KPU Luwu Timur Akui Husler Budiman Unggul di Tiga Lembaga Survei , Tapi Bukan Jadi Acuan

Jumat, 11 Desember 2020 | 08:52 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM,MALILI– Paslon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur nomor urut 1,HM Thorig Husler-Budiman Hakim masih unggul dengan Perolehan Suara 54.29 persen dibandingkan Rivalnya Paslon nomor urut 2, Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri (IBAS-RIO) hanya 45.71 persen.

    Hasil itu menunjukkan Husler-Budiman unggul dari hasil quick count 3 Lembaga Survei yang resmi terdaftar di KPU Luwu Timur.

    Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Luwu Timur, Mulyanah Mulkin saat dikonfirmasi membenarkan hasil survei itu.

    “Iya, Dari 4 lembaga Survei yang terdaptar di KPU , 3 diantaranya itu hampir memang semua sama dan hasilnya itu mereka ambil dari semua TPS yang dijadikan Sampil dan itu sudah rampung 100 persen “Kata Mulyanah

    Adapun lembaga survei itu dari Script Survey Indonesia (SSI),Begitupun Celebes Research Center (CRC) dan Jaringan Suara Indonesia (JSI)

    “Ketiga lembaga ini yang menunjukan Husler-Budiman unggul, dari info lembaga ini menyatakan jika marjin erornya hanya sekitar 1 persen dari hasil vaktual yang nantinya di keluarkan KPU,”terang Mulyana

    Meski hasil hasil quick count 3 Lembaga Survei itu menunjukkan Pasangan nomor urut 1 unggul, tapi itu hanya sebatas hitungan cepat dan bukan acuan hasil mutlak.

    “Lambaga survei maupun Sirekap KPU itu bukan merupakan acuan hasil dan itu hanya pembanding saja,”katanya.

    Menurut Mulyanah, Proses untuk hasil akhirnya ini masih ada rekap berjenjang, ditiap kecamatan kemudian naik lagi di kabupaten dan penentuan akhirnya itu tetap berpatokan dari hasil KPU.

    “Mulai besok itu (hari ini,red) rekap kecamatan sudah di mulai dari tanggal 11 sampai 14, dan penetapan Paslon resmi di rilis KPU itu tanggal 23 Desember, “Kuncinya.(***)

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT