Amran Syam Serahkan Sertifikat IG Luwu Timur ke MPIG

Rabu, 23 September 2020 | 12:54 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM,TOWUTI- Ketua Asosiasi Petani Lada Indonesia (APLI) Luwu Timur yang juga Ketua DPRD Luwu Timur, Amran Syam, menyerahkan Sertifikat IG Lada Luwu Timur , kepada Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Lada Luwu Timur di gedung Bantea Kecamatan Towuti, Selasa (22/09/2020).

    ketua Asosiasi Petani Lada Indonesia (AKLI) Luwu Timur, Amran Syam mengatakan, Sertifikat ini merupakan bukti bahwa Lada Luwu Timur diakui kualitasnya, Kemenkumham sudah keluarkan hak paten untuk lada kita. “Ini adalah bukti bahwa lada kita layak dan memang dijamin kualitasnya,”kata Amran

    Ketua DPRD Luwu Timur ini juga mengatakan, kegunaan Indikasi Geografis adalah untuk melindungi produk lokal atau daerah agar tidak diklaim perusahaan besar atau daerah lain, karena Lada Luwu Timur adalah paten milik warga Luwu Timur.

    Ditambahkan Amran, Pertanaman lada di Luwu Timur dimulai sejak Kedatuan Luwu tahun 1930 menggunakan varietas local (Malonan I) yang saat ini banyak dikembangkan di Kalimantan.

    Adapun sentra produksi Lada Luwu Timur tersebar di empat kecamatan yaitu ; Towuti, Nuha, Wasuponda dan Malili.

    Hingga saat ini, luas areal tanaman lada di Kabupaten Luwu Timur adalah yang terbesar di Sulawesi dengan seluas 5.926,13 hektar dengan jumlah produksi mencapai 4.174,36 ton dan produktivitas rata2 tertinggi se indonesia sebesar 1,5 ton/ha/tahun.

    Turut hadir Wakil Ketua DPRD Usman Sadik, Anggota DPRD Suprianto, Sekretaris Dinas Pertanian, Amrullah, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Perindustrian, Rosmiyati Alwi, Camat Towuti, Alimuddin Nasir, para Kepala Desa se Kec.Towuti, pengurus MPIG dan Perwakilan petani dan pedagang lada se Kec. Towuti. (***)

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT