Husler Puji Peran FKUB Jaga Kerukunan Umat Beragama di Luwu Timur

Rabu, 26 Agustus 2020 | 18:19 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM, MALILI – Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler memuji peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Luwu Timur dalam upaya menjaga toleransi umat beragama di Luwu Timur.

    Diutarakan Husler dalam Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri (SBM) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama RI No 8 dan 9 tahun 2006 di Gedung Pertemuan Kantor Camat Tomoni, Rabu, (26/8/2020).

    Kegiatan bertema memelihara kerukunan umat beragama dalam menyikapi Pemilukada 2020 juga diikuti Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik, Guntur Hafid, Kepala Kementerian Agama Luwu Timur, Muh Nur Halik, camat dan tokoh agama.

    Luwu Timur dikenal Indonesia Mini ini sangat heterogen banyak suku, agama dan ragam budaya. Perbedaan tersebut tetap terjaga di daerah ini.

    “Salut dengan toleransi yang ada di Kabupaten Luwu Timur. Hingga saat ini toleransi masih terjaga begitu kuat, ini semua berkat peran FKUB,” kata Husler.

    Diharapkan FKUB Luwu Timur terus memantapkan perannya di tengah masyarakat, menjadi jembatan dan wadah dalam memelihara toleransi dan kerukunan antar umat beragama. Sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai konflik sosial dalam masyarakat.

    Husler menekankan menjaga kerukunan dan persatuan antar semua komponen bangsa sangat diperlukan terlebih lagi saat ini kita sedang menghadapi Pilkada 2020.

    “Saya mengajak pemuka agama utamanya yang tergabung dalam FKUB agar bersama-sama mensukseskan agenda pilkada tahun ini,”

    “Pilkada tidak boleh merusak tatanan kebersamaan, persatuan dan kesatuan yang selama ini telah terjaga dengan baik,” pinta Husler.

    Sementara Ketua FKUB Luwu Timur, Ardias Barah mengatakan, salah satu tugas FKUB menjaga masyarakat agar tetap rukun dan bersatu meskipun berbeda pilihan.

    Sebagai tokoh agama, FKUB berperan untuk mensukseskan penyelenggaraan pilkada yang digelar tahun ini. Sehingga masyarakat tetap hidup rukun dan saling menghormati.

    Ardias Barah juga memaparkan beberapa program kerja yang sudah dijalankan diantaranya Safari Umat Beragama, Kemah Bakti dan Festival Pemuda Lintas Agama.

    “Kegiatan ini sebagai upaya untuk terus memupuk toleransi sekaligus memperkuat kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Luwu Timur,” ujarnya.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT