Bupati Luwu Timur Minta BPD dan Pemdes Harmonis

Rabu, 26 Agustus 2020 | 17:55 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM, MALILI – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) adalah lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan desa yang berfungsi menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

    Selain itu melaksanakan tugas pengawasan kinerja Kepala Desa serta bersama bersama-sama dengan Kepala Desa membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa (Perdes).

    Guna meningkatkan efektifitas pelayanan pemerintahan dan pembangunan di lingkup pedesaan maka butuhkan sinergitas dan kerjasama yang harmonis antara pemerintah desa (pemdes) dan BPD.

    “Untuk menuju desa yang mandiri, membutuhkan sinergitas dan kerjasama yang harmonis antara Pemerintah desa dan BPD untuk bersama-sama membangun,” kata Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler.

    Hal tersebut diutarakan Husler pada sambutan rapat koordinasi anggota BPD se Kabupaten Luwu Timur di Gedung Serba Guna, Kalaena Kiri, Kecamatan Kalaena, Rabu (26/8/2020).

    Rakor bertema “Optimalisasi Fungsi dan Peran BPD Untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Pembangunan Desa” juga dihadiri Kepala Dinas PMD, Halsen, Camat Kalaena, Alimuddin Bachtiar, Ketua BPD Kabupaten Luwu Timur, Haeruddin dan sejumlah kepala desa.

    Menurut bupati, BPD adalah mitra kerja pemerintah desa yang memiliki kedudukan sejajar dalam penyelenggaraan urusan Pemerintahan desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

    Oleh karena itu, kepada seluruh anggota BPD yang hadir, Bupati mengingatkan agar dalam melaksanakan pembangunan demi kemajuan desa pada hakikatnya BPD dan pemdes harus sejalan dan harmonis.

    “Artinya jangan sampai ada perbedaan pendapat dan pemikiran yang bisa membuat pembangunan didesa tidak dapat dilaksanakan,” katanya.

    Husler mengatakan rakor ini tidak hanya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan, akan tetapi yang terpenting adalah hakikat untuk membangun kebersamaan dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat diwilayah pedesaan.

    Husler juga menyampaikan dalam waktu dekat Kabupaten Luwu Timur akan melaksanakan Pilkada serentak.

    Kepala desa dan perangkat desa termasuk BPD diminta menjadi garda terdepan menunjukkan kepada masyarakat bahwa Luwu Timur adalah daerah yang dewasa dalam berdemokrasi.

    “Kepada camat, para kades dan BPD agar dapat bekerjasama dengan pemangku kepentingan untuk bersinergi menyukseskan helat pesta demokrasi tersebut,” pesan Husler.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT