Jelang Lomba Skala Nasional, Perpustakaan Nirwana Luwu Timur Bersiap

Selasa, 25 Agustus 2020 | 22:22 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM, MALILI – Perpustakaan Nirwana, Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tomoni, Luwu Timur mewakili Provinsi Sulawesi Selatan pada lomba perpustakaan desa tingkat nasional September 2020 mendatang.

    Jelang lomba segala sarana pendukung perpustakaan dipersiapkan. Pihak terkait gencar berkoordinasi lewat rapat seperti yang dilaksanakan di Kantor Desa Bangun Jaya, Selasa (25/8/2020).

    Rapat dipimpin Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Luwu Timur, Satri. Ikut rapat Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Tabacina Ahmad.

    Kepala Desa Bangun Jaya, Sunarsono dan sejumlah intansi termasuk Dinas Kominfo serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Luwu Timur.

    Satri mengatakan rapat untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak mengenai kesiapan Perpustakaan Nirwana. Terutama apa saja yang bisa dibenahi sesuai masukan dari tim Yuri tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada penilaian yang lalu.

    “Jadi intinya adalah bagaimana Perpustakaan Nirwana ini betul-betul layak untuk mewakili Sulawesi Selatan dan mendapatkan hasil yang memuaskan, makanya diminta masukkan dari instansi terkait,” kata Satri.

    Sementara Andi Tabacina memberikan masukan bagaimana membuat suasana Perpustakaan bisa lebih kelihatan asri dan inovatif dengan penggunaan sampah daur ulang.

    Selain itu, juga ada inovasi-inovasi yang dilakukan untuk menarik minat pengunjung untuk datang ke Perpustakaan Nirwana.

    “Perpustakaan Nirwana harus bisa membuktikan bahwa memang layak untuk mewakili Sulsel ketingkat Nasional karena memiliki kelebihan dari perpustakaan desa lainnya,” terang Andi Tabacina.

    Kades Bangun Jaya, Sunarsono mengatakan Perpustakaan Nirwana terus berbenah pada segala lini baik administrasi maupun inovasi termasuk yang terkait dengan kriteria penilaian dari Dewan Yuri.

    “Petunjuk dan masukan dari Dewan Yuri pada lomba Perpustakaan Desa tingkat Sulsel kami sudah lakukan, sisa inovasi yang akan kami coba lakukan dengan memperhatikan saran-saran dari OPD Terkait utamanya Dinas Perpustakaan dan kearsipan,” terang Sunarsono.

    Usai pertemuan, dilakukan peninjauan ke ruangan Perpustakaan Nirwana untuk melihat koleksi buku serta kondisi ruangan sekaligus berbincang dengan pengelola Perpustakaan Nirwana.

    Perpustakaan Nirwana Desa Bangun jaya telah terakreditasi B dan memiliki gedung perpustakaan sendiri yang terpisah kantor desa.

    Perpustakaan ini terdiri dari ruang baca untuk umum dan ruang anak serta ruang IT, juga ada cafe baca yang dilengkapi dengan Wi-fi gratis.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT