Bupati Luwu Timur Sebut Pameran Bonsai Daya Tarik Wisata Baru

Selasa, 25 Agustus 2020 | 22:12 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM, MALILI – Terdapat 130 tanaman bonsai yang dipamerkan oleh Komunitas Pecinta Bonsai Batara Guru (Kopi Bonsai Baru) Luwu Timur di halaman Warkop Tanah Abang, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili.

    Tanaman Bonsai yang dipajang itu hasil karya 43 peserta pecinta bonsai se Luwu Timur. Kegiatan pameran ini dibuka Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler, Senin (24/8/2020).

    Ketua panitia Fadly Gani mengatakan, kegiatan pameran ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

    Tema kegiatan “Kita Membumikan Bonsai di Bumi Batara Guru Kabupaten Luwu Timur”. Pameran ini berlangsung dua hari 24-25 Agustus 2020.

    Ketua Kopi Bonsai Baru, Amran Syam mengatakan, tujuan pameran ini mendasari lahirnya wadah bonsai pertama di Luwu Raya ini. Menurutnya, Bumi Batara Guru ini sangat kaya akan aneka tanaman sehingga atas dasar itulah di bentuk komunitas bonsai karena melihat peluang ini.

    “Wadah bonsai ini kita harapkan Luwu Timur bisa menuju pentas dunia. Aneka tanaman bonsai ini asli khas Luwu Timur dan telah diolah oleh seniman bonsai sehingga inilah hasilnya, maha karya yang luar biasa,” tambahnya.

    Kedepan, kata Ketua DPRD Luwu Timur ini, Kopi Bonsai akan kembali menggelar festival Bonsai dengan skala Nasional yang rencananya akan dipusatkan di pinggir Sungai Malili sehingga menambah suasana pameran Bonsai yang lebih indah.

    Sementara Bupati Luwu Timur, Muhammad Thoriq Husler saat membuka pameran Bonsai mengatakan, Bonsai merupakan tanaman yang sejak dulu diburu masyarakat karena unik dan menarik. Oleh karena itu, Bupati mengapresiasi kegiatan pameran Bonsai ini sebagai sebuah daya tarik bagi Luwu Timur utamanya disektor Pariwisata.

    “Bonsai, disamping hoby, bisa menambah nilai ekonomis jika telaten menata bonsai tersebut, tapi saya ingatkan, jangan merusak hutan kalau pergi mencari bonsai dihutan. Yang pasti, kami sangat mendukung kegiatan komunitas Bonsai ini,” jelasnya.

    Pembukaan pameran ditandai pengguntingan Pita oleh Bupati Luwu Timur yang dilanjutkan dengan persembahan singkat terkait teknik mengolah Bonsai.

    Hadiri Wakil Ketua DPRD, HM Siddiq BM dan Usman Sadik, anggota DPRD Luwu Timur, Sarkawi A Hamid, Rully Heriawan, Harisah Suharjo, beberapa Kepala OPD dan masyarakat pecinta Bonsai.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT