PT Vale Bantu Pemkab Luwu Timur dan Pemprov Sulsel Tangani Covid-19

Sabtu, 11 April 2020 | 16:15 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM, MALILI – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyerahkan bantuan kepada Pemkab Luwu Timur dan Pemprov Sulawesi Selatan dalam mendukung program pencegahan dan penanganan virus corona atau Covid-19.

    Bantuan untuk pemkab disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Luwu Timur untuk membantu program pencegahan secara umum dan persiapan ruang isolasi untuk perawatan khusus pasien Covid-19 di RSUD I La Galigo Wotu dan Puskesmas Burau.

    Sedangkan bantuan kepada pemprov disalurkan melalui GTPP Covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan dan RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar.

    Penyerahan bantuan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan bantuan berupa 10 tempat tidur medis, cairan desinfektan, thermo gun, baju anti-hazardous material, masker bedah, masker N95, dan sarung tangan karet.

    Pada Kamis 9 April 2020, dukungan tambahan diberikan berupa 13 tempat tidur medis untuk ruang isolasi di Puskesmas Burau, 2 unit ventilator untuk RSUD I La Galigo, dan 13 thermo gun untuk digunakan di 6 Posko GTPP Covid-19 Luwu Timur.

    Bantuan tersebut diserahkan oleh Senior Manager Stakeholder Relation PT Vale, Yusri Yunus yang diterima Sekretaris GTPP Covid-19 Luwu Timur yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Timur, Muhammad Zabur.

    Sedangkan untuk Provinsi Sulawesi Selatan, PT Vale telah menyalurkan pula bantuan pada 2 April 2020 berupa satu unit ambulans untuk masa operasional satu tahun dan 1.000 unit alat pelindung diri (APD) berupa sarung tangan karet kepada RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar.

    Bantuan diterima langsung Direktur Utama Dr dr Khalid Saleh, Sp.PD-KKV,FINASIM, M Kes. RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo adalah salah satu rumah sakit rujukan pemerintah dalam penanganan pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan.

    Sebelumnya pada 30 Maret 2020, PT Vale juga menyalurkan bantuan berupa paket alat pelindung diri untuk tenaga medis melalui GTPP Covid-19 Sulsel.

    Penyerahan bantuan berlangsung di Balai Prajurit Jenderal M Jusuf dan diterima Ketua GTPP Covid-19 Sulsel, yang juga Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka.

    Bantuan tersebut berupa 800 unit masker N95, 800 unit masker bedah, 200 unit sarung tangan karet dan 100 unit baju anti-hazardous material.

    “Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban Pemerintah Daerah dalam melaksanakan program pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19,”

    “Semoga kita semua dapat mendukung program pemerintah termasuk disiplin menerapkan social/physical distancing, sering mencuci tangan, menggunakan masker saat keluar rumah, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh,”

    “Kita bersama dapat menghambat laju penularan dan meminimalkan jumlah pasien yang perlu dirawat,”

    “Dengan demikian rumah sakit yang ada memiliki kapasitas yang cukup untuk dapat melayani dan mengobati pasien dengan baik,” kata CEO PT Vale, Nico Kanter dalam rilisnya, Sabtu (11/4/2020).

    Saat ini PT Vale juga sedang mempersiapkan ruang-ruang isolasi di Enggano dan Old Camp Sorowako untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan perawatan pasien Covid-19, khususnya di area operasi PT Vale.

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT