Masuk Desa Tertinggal, Dua Desa di Luwu Timur Terima Porsi Besar Dana Desa

Rabu, 11 Maret 2020 | 17:39 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM,MALILI-Kementrian Keuangan RI tahun 2020 akan  mengalokasikan Dana Desa di Kabupaten Luwu Timur Rp.116.788775000 Miliar.

    Dana Desa (DD) yang dialokasikan melalui APBN kementrian keuangan RI akan di serahkan ke 124 Desa di Luwu Timur.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa  (DPMPD) , Halsen melalui Stafnya Muhammad Abdi, mengatakan Dana Desa (DD) dari Pusat tahun 2020 untuk Luwu Timur Rp.116 miliar.

    Dana Desa (DD) tersebut , kata Abdi  ditransfer Kementrian Keuangan melalui  Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palopo.

    “Dananya sudah ada di KPPN Palopo, tinggal menunggu proses untuk ditransfer ke rekening Desa Masing -masing,”Kata Muhammad Abdi Kepada Wartawan Rabu, 11 Maret 2020

    Dikatakan Abdi, Untuk  Rincian besaran tiap Desa nantinya berapa itu belum ada, yang jelasnya  ada sekitar 116 miliar untuk Luwu Timur tahun 2020

    Menurutnya, Pembagiannya  berdasarkan perhitungan  Setiap  desa dari jumlah penduduknya.

    Meski begitu, Dijelaskan Abdi, untuk Dana Desa DD tahun ini ada dua Desa yang bakal terima Porsi besar.

    Porsi besar untuk Dana Desa itu, bakal diterima  Desa Burau  Pantai, Kecamatan Malili dan  Desa  Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana.

    “Perolehan Porsi besar sekitar Rp 1 miliar lebih,  itu  karna   dianggap masuk  desa tertinggal,”jelas Abdi

    Kemudian penentuan besar kecilnya berapa akan diterima, itu juga tergantung jumlah KK  misikin  yang ada di Desa. “Paling redahnya itu sekitar Rp 700 dan paling tinggi Rp  1,6 miliar,”teragnya

    Dijelaskan , Proses ransfer  uang Dana Desa (DD)  itu terlebih dulu masuk ke kas negara KPPN palopo, Kemudian ditransfer ke rekening pemerintah Desa.

    Itupun, lanjutnya , Baru bisa di cairkan  setelah ada  rekomendasi dari dinas Pemberdayaan Desa  dan proposal Desa.

    “Setelah itu baru bisa cair  ke Rekening  masing-masing desa melalui bank  Sul-selbar,”tandasnya

    Untuk Pembayaranya , akan  dibayarkan secara  bertahap  dan tidak sekaligus . Tahap pertama 40 persen tahap ke dua 40 persen dan tahap ke tiga 20 persen.(*)

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT