Eratkan Kerukunan, FKUB Luwu Timur Gelar Kemah Bakti Pemuda Lintas Agama

Sabtu, 14 Desember 2019 | 16:37 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM,MALILI- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Luwu Timur menggelar Kemah Pemuda Lintas Agama se Kabupaten Luwu Timur selama tiga hari mulai tanggal 13-15 Desember 2019 dipusatkan Lapangan Iniaku, Desa Sorowako, Kecamatan Nuha.

    Kegiatan merekatkan toleransi dan kegotongroyongan umat beragama dan meminimalisasi terjadinya kasus intoleransi dibuka secara resmi oleh Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler, Jum’at malam (13/12/2019).

    Ketua Panitia Kemah Bakti Pemuda Lintas Agama, Jihadin Peruge mengatakan, pembekalan materi kerukunan dalam perhelatan itu diharapkan bisa membentuk para pemuda sebagai penggerak kerukunan antar umat dengan mendasarkan pada Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

    Ketua FKUB Kabupaten Luwu Timur, Ust. Ardias Bara mengatakan bahwa, kegiatan ini sebagai upaya untuk terus memupuk toleransi sekaligus memperkuat kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Luwu Timur.

    “Kegiatan ini diharapkan semakin mempererat keharmonisan antar umat beragama dan ajang silaturahmi untuk merawat kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin baik di Luwu Timur,” kata Ardias.

    Senada yang disampaikan Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq Husler saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa, kegiatan ini menjadi langkah preventif untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang berniat meledakkan sikap intoleransi dan berpotensi merusak kerukunan antar umat beragama di Luwu Timur.

    “Diharapkan dengan adanya kegiatan semacam ini, antar generasi muda lintas agama bisa saling menghormati dan bekerjasama,” kata Husler.

    Ia juga berharap peserta berkomitmen untuk menjelaskan dan dapat menularkan nilai-nilai keragaman beragama dilingkungan masing-masing. Sehingga mampu menganalisa dan menggali berbagai ancaman, tantangan serta hambatan terhadap penerapan toleransi beragama.

    “Peserta juga diharapkan mampu melakukan deteksi dini dan melakukan tindakan reventif terhadap potensi konflik komunal yang bermotif agama,” pungkasnya.

    Kemah bakti yang bertemakan “Rukun Dalam Keberagaman” mengagendakan bebagai kegiatan dikemas dalam Festival seni budaya. Kemah Bakti juga ini sekaligus dirangkai dengan Rapat Koordinasi FKUB se Sulawesi Selatan.

    Turut Hadir pada acara pembukaan tersebut Ketua FKUB Sulsel, Prof. Dr. H. Abd Rahim Yunus dan jajarannya, Direktur External Relations & Corporate Affairs, Gunawardana Vinyaman, Asisten Pemerintahan, Dohri As’ari, Kakan Kesbangpol, Guntur Hafid, Kakan Kemenag Luwu Timur, Muhammad Nur Halik, Ketua MUI Luwu Timur, KH. Abd. Azis Rajmal, Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Puspawati Husler, Mokole Matano, H. Umar Ranggo, serta pengurus FKUB Kabupaten Luwu Timur dan Unsur Tripika Kecamatan Nuha. (hms/ikp/kominfo)

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT