Pantau Pilkades Serentak, Husler : Semua Kondusif dan Aman

Kamis, 21 November 2019 | 15:34 WITA
KabarLutim.com | Luwu Timur dalam Satu Klik
  • KABARLUTIM.COM,MALILI-Kabupaten Luwu Timur menggelar pemilihan Kepala Desa serentak yang diikuti 158 Calon Kepala Desa dari 45 Desa yang menggelar Pilkades tahun ini. Guna memastikan pelaksanaan Pilkades ini berjalan lancar, aman dan kondusif, Bupati Luwu Timur, HM Thoriq Husler melalukan pemantauan Pilkades, Rabu (20/11/2019).

    Bupati mulai melalukan pemantauan sejak pagi hari hingga sore hari bersama Perwira Penghubung, Mayor Kav Suparman dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Halsen. Ia juga memerintahkan seluruh jajarannya untuk ikut memantau dan mensukseskan seluruh agenda Pilkades, mulai dari proses pemungutan suara hingga perhitungan.

    “Alhamdulillah, sejauh ini penyelenggaraan Pilkades berjalan lancar,” kata Thoriq Husler, Bupati Luwu Timur saat memantau beberapa Desa di 6 Kecamatan.

    Bupati Luwu Timur mengatakan Pilkades adalah proses politik, tentunya nanti ada calon yang menang dan calon yang kalah. Dan itu sudah lumrah dalam politik.” Kita harapkan pilkades hari ini berlangsung aman, tertib dan lancar. Saya berharap seluruh warga dapat berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya dan tetap menjaga kerukunan meskipun berbeda pilihan,” imbuh Husler.

    Kepada calon-calon kades terpilih nantinya harus amanah kepada masyarakat dan dapat membangun desa masing-masing untuk kepentingan masyarakat,” papar Husler.

    Bagi yang belum mendapatkan amanah dari masyarakat diminta jangan berduka. “Bantu Kades terpilih salurkan visi misi saudara sama kades terpilih, begitulah jika ingin memajukan desa .” kata Bupati Luwu Timur.

    Kades terpilih harus merangkul semua warganya, hilangkan perbedaan dan bersatu kembali.Sehingga pemerintahan bisa berjalan lancar pelayanan kepada masyarakat berlajut dan pembangunan jalan terus. Ujar Husler Saat memantau pilkades Desa Tarengge Timur.

    Bupati berkeliling memasuki area tempat pemungutan suara. Ia pun menyapa sejumlah warga yang sudah mencoblos pada Pilkades. Selanjutnya, ia pun bersalaman kepada calon kandidat kepala Desa, Selain itu Husler, menanyakan kepada panitia Pilkades tentang proses pemilihan berlangsung.

    Terakhir, Husler juga mengucapkan terimakasihnya kepada aparat Kepolisian dan TNI yang terlibat penuh mengamankan proses Pilkades sehingga berjalan aman dan damai, “tutupnya.

    Pada tahun 2019 ini, pilkades serentak di 45 desa se Luwu Timur diikuti 158 calon kepala desa dengan jumlah TPS tercatat sebanyak 83 TPS. Daftar pemilih tetap (DPT) bejumlah 65.174 wajib pilih dengan incian 32.906 laki-laki dan DPT perempuan sebanyak 32.268 orang. Adapun jumlah surat suara yang dicetak sebanyak 66.477 termasuk cadangan 2 persen. (Ikp/hms)

    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    ARTIKEL TERKAIT